Sunday, August 10, 2014

Koneksi Data dan Input Data

Author Angga Debby Frayudha

Selamat bertemu kembali di materi selanjutnya mata kuliah Sistem Informasi.
Alllah Maha Pengatur, Allah Maha Pembentuk Rupa, Rupa yang indah dibuat oleh Allah sangat detail sekali dan sangat indah, semua dibuat-Nya dengan teliti sekali, mulai inputan awal samapi produk akhirnya sangat bagus dan luar biasa. Contohnya Manusia. Allah menciptakan manusia dengan kondisi yang luar biasa sempurna melebihi makhluk lainnya sampai-sampai Setan/ iblis iri kepada manusia dan tidak mau sujud walau diperintah oleh Allah dengan konsekuensi diusir dari sorga dan dilaknat karena melanggar perintah Allah.
Kalau kita mempelajari struktur tubuh manusia, kita akan menemukan detail-detail pembuatan yang sempurna sekali. Sungguh Allah benar-benar Maha Pencipta.
belajar dari penciptaan Allah yang luar biasa,kita harus serius dan teliti dalam membuat program.
Dalam pertemuan ini kita bahas tentang memasukkan data awal ke dalam database. Tentunya saudara sebagai perancang program sistem informasi harus tahu bagaimana cara memasukkan data ke dalam database.
Sebelum membuat program input data ke dalam database saudara diharap memahami tentang komponen sistem informasi.
Komponen merupakan rangkaian pembentuk sistem informasi.
1. Komponen.
1.1. Komponen Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari komponen /Blok :
A. Model
Merupakan komponen pembentuk kerangka dasar dari suatu informasi secara utuh.
B.Basis Data
Merupakan komponen pendukung informasi yang biasanya dikelola oleh program penyimpan seperti : MySQL, SQL Server,                      Oracle dan sejenisnya.
Informasi akan ditampilkan dengan memunculkan data yang sudah tersimpan kemudian dengan alat bantu program komputer                seperti Visual Basic, Delphi, Java dan sejenisnya maka data yang tersimpan di program database bisa diolah sedemikian rupa                  dan mampu menampilkan informasi secara cepat baik berupa file, informasi tercetak dan perhitungan-perhitungan yang rumit              sekalipun mampu dikendalikan bahasa pemrograman dan program penyimpan. Kerjasama yang baik bahasa pemrograman dan              program penyimpan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.
C. Input
Komponen input terdiri dari elemen pendukung yang berhubungan dengan pemasukan data sumber, misal : metode input, cara              input, media input, dan elemen lain yang berhubungan dengan input
D. Keluaran
Komponen keluaran berupa produk yang siap disajikan dan biasanya sudah teruji serta diketahui betul oleh pimpinan terkait.                  Keluaran juga bisa sebagai tolok ukur keberhasilan suatu unsur usaha dalam menjalankan roda usahanya.
Contoh :
UIN Malang mencetak sarjana-sarjana muslim yang smart dan intelek yang dilandasi oleh pondasi iman yang kokoh.
E. Teknologi
Bagian komponen informasi yang sangat mendukung kelancaran dan kecepatan penyajian informasi adalah komponen teknologi.          Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komponen teknologi dewasa ini memegang peranan yang sangat strategis dan menguntungkan.
Banyak sekali perusahaan dengan didukung teknologi informasi yang canggih dan didukung oleh sumber daya yang handal.                     Sehingga kecepatan dan keakuratan informasi yang disampaikan semakin cepat dan tepat digunakan.
F. Kontrol
Komponen informasi sebagai pengendali sistem, melindungi sistem dari kejadian-kejadian yang merugikan sistem.
Bila tidak ada kontrol sistem maka bila ada informasi yang tidak tertangani secara baik maka akan mengganggu sistem, bahkan                akan menghancurkan sistem itu sendiri.
Contoh kejadian yang merugikan sistem :
Kebakaran, Bencana alam, kegagalan sistem, kerusakan sistem.
Input Data merupakan unsur ke-3 dari komponen sistem yang berperan sangat penting sekali karena menjadi pintu gerbang pemasukan data.
Pemasukan data ke dalam database bisa dilakukan melalui :
1. Program database itu sendiri , seperti :  SQL Server, MySQL,Oracle dll.
2. Program bantu database, seperti : SQL Yog,php my admin dll.
3. Bahasa Pemrograman, seperti : Java, Delphi, Visual Basic, PHP, JSP, ASP.
Pada pertemuan ini kita bahas mengenai Input data menggunakan Bahasa Pemrograman.
Bahasa Program memerlukan  piranti koneksi supaya bisa berhubungan dengan database. Mesin koneksi bermacam-macam tergantung pada pada bahasa program yang kita gunakan.
Untuk bahasa pemrograman Java, delphi, Visual Basic memerlukan piranti koneksi berupa script konektor.
di windows sudah disediakan konektor ODBC (open database connector), yang bisa saudara lihat pada program–>control panel –> administrative tools.
Untuk bahasa pemrograman berbasis web, tidak diperlukan konektor odbc, langsung koneksi ke IP server dan database yang bersangkutan.
Contoh :
Untuk koneksi menggunakan pemrograman php :


$server = “localhost”;


$username = “root”;


$password = “sabar”;


$database = “siakademik”;


$conn = mysql_connect($server,$username,$password) or die(“Koneksi gagal”);


mysql_select_db($database, $conn) or die(“Gagal membuka database.”);


$server = “localhost”;$username = “root”;$password = “sabar”;$database = “siakademik”;
$conn = mysql_connect($server,$username,$password) or die(“Koneksi gagal”);mysql_select_db($database, $conn) or die(“Gagal membuka database.”);
Tugas Materi ke-3 :
1. Buat Program input data ( sesuaikan dengan input data pada tugas yang sudah diberikan)
2. Format yang diminta, ada input dan ada tabel, contoh formatnya 
Share:

0 comments:

Post a Comment